https://www.american-writers.org/https://www.american-writers.org/https://xn--m3c5aagqqd1s.com/https://sthailand.sman8jkt.sch.id/

DINAS PENERANGAN TNI AU SAMBANGI DINAS SOSIAL KOTA CIREBON – DINSOS KOTA CIREBON

Ada yang berbeda di pagi ini, Kamis 11 November 2022, Dinas Sosial Kota Cirebon Kedatangan Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara, disingkat (Dispenau). DISPENAU adalah Badan Pelaksana Pusat ditingkat markas besar TNI Angkatan Udara yang berkedudukan langsung di bawah Kasau, Dispenau bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi penerangan TNI Angkatan Udara secara terpadu dan berlanjut, meliputi pengolahan informasi menjadi bahan penerangan kepada masyarakat umum dan keluarga besar Angkatan Udara.

Kedatangan DISPENAU kali ini adalah untuk membahas tentang pengusulan nama Marsekal TNI (Purn) Soerjadi Soerjadarma (Kepala Staf Angkatan Udara Pertama Indonesia “Periode 1946-1962”) sebagai pahlawan nasional.

(Kepala Dinas Sosial Kota Cirebon, Dra. Hj Santi Rahayu, M.Si (ketiga dari kanan) ditemani Tris Prayudi (Kanan) berbincang bersawa perwakilan dari DISPENAU terkait pengusulan pahlawan Marsejak TNI (Purn) Soerjadi Soerjadarma)

Untuk yang belum mengetahui siapa Marsekal TNI (Purn) Soerjadi Soerjadarma, berikut Informasinya:

Marsekal TNI (Purn.Soerjadi Soerjadarma (6 Desember 1912 – 16 Agustus 1975) adalah Kepala Staf TNI Angkatan Udara dari 1946 hingga 1962. Pada 1 September 1945 ia ditugaskan membentuk AURI oleh Presiden Soekarno dan diangkat sebagai KASAU (pertama) pada 9 April 1946. Pada 18 Februari 1960, selain sebagai KASAU, jabatannnya ditingkatkan sebagai Menteri/Kastaf AURI.
Suryadi Suryadarma sebagai pendiri dan Bapak AURI – tidak hanya berperan dalam mengembangkan dunia dirgantara pada bidang kemiliteran, tetapi juga sebagai pelopor pada penerbangan komersial. Tidaklah berlebihan kalau dikatakan, Suryadarma telah menjadikan dirgantara sebagai bagian dari hidupnya.

Terlahir dengan nama Elang Soeriadi Soeriadarma, Ia adalah anak dari R. Suryaka Suryadarma yang bekerja pegawai bank di Banyuwangi. Elang adalah gelar kebangsawanan yang ada di Keraton Kanoman Cirebon yang berarti Raden. Namanya kemudian disesuaikan dengan ejaan baru menjadi Raden Suryadi Suryadarma[2]

Ia masih memiliki garis keturunan dari Keraton KanomanCirebon. Buyutnya adalah Pangeran Jakaria alias Aryabrata dari Keraton KanomanCirebon yang merupakan keturunan langsung dari Sunan Gunung Jati. Sedangkan kakeknya adalah Dokter Pangeran Boi Suryadarma yang bertempat tinggal di KuninganJawa Barat, dia tamatan Sekolah Dokter Jawa (STOVIA).

Ayah Suryadi Suryadarma, bernama Suryaka Suryadarma, bekerja di sebuah bank di Banyuwangi. Suryadarma tidak pernah mengenal sosok ibunya karena sang ibu meninggal dunia pada saat Suryadarma masih bayi. Pada saat Suryadarma berusia 4 tahun, sang ayah pun meninggal dunia. Suryadarma telah menjadi anak yatim piatu dalam usia yang masih sangat kecil. Sepeninggal kedua orangtuanya, Suryadarma ikut keluarga kakeknya di Jakarta.

untuk lebih lengkapnya bisa diaksek melalui link dibawah ini ya:

https://id.wikipedia.org/wiki/Soerjadi_Soerjadarma

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *